Foto : Kepsek SMAN 1 Seram Barat  tengah menerima plakat dan piala

Ambon – Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar penting dalam proses pembelajaran. Menurut UU Perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007, Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para siswa sebagai pengguna perpustakaan.

Pada UU ini pasal 20, perpustakaan terdiri atas perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan sekolah/madrasah, perpustakaan perguruan tinggi dan perpustakaan khusus.  Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang berada di lingkungan sekolag, bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan bertugas untuk melayani civitas akademika sekolah itu.

Demi peningkatan dan efektifitas perpustakaan sekolah, maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku beberapa waktu yang lalu melakukan seleksi perpustakaan sekolah terbaik tingkat SMA/SMK/MI di seluruh Kabupaten/Kota se-Maluku. Tim yang turun ke Kabupaten Seram Bagian Barat menyeleksi beberapa SMA/SMK/MI yang berada di wilayah SBB sesuai dengan kriteria penilaian yang telah ditentukan. Dari hasil seleksi itu, SMA Negeri 1 Seram Barat terpilih untuk mewakili Kabupaten Seram Bagian Barat dan kemudian bersaing dengan SMA/SMK/MI lainnya.

Para pemenang berpose sesaat setelah pembagian piala

Bertempat di Hotel Marina pada Rabu, 19 Juni 2019, dilakukan acara penganugerahan juara perpustakaan terbaik tingkat SMA/SMK/MI se-Maluku dan SMA Negeri 1 Seram Barat meraih juara 1 menyisihkan 24 peserta lainnya. Piala dan piagam juara diterima langsung oleh kepala SMA Negeri 1 Seram Barat Ibu Dra Thelma F. Haulussy didampingi pengelola perpustakaan Medyana Leonora Kaya S.Pd dan Pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seram Bagian Barat.

LEAVE A REPLY