Piru- Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda SBB Drs. Paulus. CH. Pical, M. Si terus menggerakan kaum perempuan gereja dan majelis taklim di Kecamatan Seram Barat dalam menyukseskan Gerakan Masyarakat Sadar Pajak  (GEMAR SAPA). Hal Nampak dengan adanya kegiatan sosialisasi kepada para kaum ibu yang dilakukan di Dusun Pohon Batu dan Kantor Klasis Seram Barat.

Dalam materinya Drs. Paulus. CH. Pical, M. Si menyampaikan pentingnya peran masyarakat dalam membayar pajak terkhusus Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) demi peningkatan ekonomi daerah. Sebab selama 15 Tahun Kabupaten SBB mekar dapat dianalisa tingkat kesadaran masyarakat membayar pajak cukup rendah.

Untuk itu, Asisten 1 menggajak kepada para perempuan gereja dan majelis taklim agar dapat bersama-sama bergandeng tangan dengan Pemerintah Daerah dalam menyukseskan Gerakan Masyarakat Sadar Pajak dengan menjadi Duta-Duta Pajak Daerah.

“ Saya ingin menyampaikan bahwa kualitas otonomi daerah kita sangat rendah karena salah satu indicator otonomi daerah adalah pendapatan daerah, selama ini pendapatan daerah Kabupaten SBB tiap tahun hanya 40 % sehingga akhir penganggaran terjadi hutang daerah untuk Negara, dari sisi penganggaran semestinya hal tersebut tidak boleh terjadi. Sehingga pemerintah daerah berpikir untuk mencari solusi dan salah satu solusinya adalah pemerintah daerah mendorong agar pendapatan pajak daerah dapat optimal.” Jelasnya.

“Terkait pajak, Asisten satu berharap agar adanya peran kaum perempuan dalam menopang peningkatan pendapatan pajak terkhusus pajak bumi dan bangunan lewat Gerakan Masyarakat Sadar Pajak yang akan dilauncing pada hari sabtu, tanggal 10 November 2018 yang digerakkan oleh semua elemen baik itu Pengurus PKK, Perempuan Gereja Protestan, Para ibu-ibu Katolik dan ibu-ibu Majelis Taklim” harapnya

Timbul pertanyaannya kenapa Gerakan masyarakat Sadar Pajak melibatkan para ibu-ibu, karena ibu-ibulah yang memenggang keuangan keluarga dan juga sebagai penasehat dalam keluarga jika bapa-bapa lupa untuk membayar pajak maka ibu-ibu dapat mengingatkan untuk membayar pajak.

Selain memberikan materi, Drs. Paulus. CH. Pical, M. Si juga mendengar berbagai pertanyaan dan masukan dari para ibu-ibu dengan satu komitmen akan menyukseskan Gerakan Masyarakat Sadar Pajak (GEMAR SAPA) di Kabupaten Seram Bagian Barat.

LEAVE A REPLY