Hadir mewakili Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab. SBB), Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Drs. Achiles A. Siahaya, Aj.Ak membuka secara resmi Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) I dan Launching Bursa Inovasi (BID) bertempat di Aula Pertemuan Penginapan Mentari, kota Piru pada Selasa (30/07/2019).

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Satuan Kerja P3MD Provinsi Maluku, Konsultan Pendamping wilayah 5 Provinsi Maluku, Perwakilan Kadis PMD, Perwakilan Kadis BAPPEDA, Para Camat se-kabupaten SBB, TA P3MD Kab. SBB dan para peserta yang diutus dari berbagai desa di SBB.

Suasana ditempat kegiatan.

Dibuka dengan undangan dan peserta kegiatan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya, acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan laporan pertanggungjawaban oleh ketua panitia pelaksana kegiatan.

Acara lalu dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan Bupati SBB yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Drs. Achiles A. Siahaya, Aj.Ak. Dimana dalam sambutannya itu Bupati menyampaikan “Program Inovasi Desa (PID) merupakan upaya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) dengan dukungan Bank Dunia untuk memperkuat pendampingan desa yang diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan Dana Desa yang berkualitas dan inovasi desa (PPID) serta penyedia peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD)”.

Penyampaian Laporan pertanggungjawaban oleh ketua panitia pelaksana.

“Kita sadari betul bahwa masih banyak kendala dan permasalahan yang kita hadapi ke depan, seperti rentang kendali wilayah kepulauan, keterisolasian wilayah, kapasitas sumber daya manusia, akses informasi serta layanan sosial dasar ditingkat desa, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir masih memerlukan perhatian” sambung beliau.

“Mudah-mudahan Dana Desa tidak membuat kita terjebak dalam memproduksi perilaku baru yang menyimpang seperti konsumerisme atau bahkan korupsi dan mengabadikan tanggung jawab bersama dalam mengentaskan kemiskinan dan membangun serta memberdayakan masyarakat”.

Tampak peserta yang turut ambil bagian dalam pelaksanaan kegiatan ini.

“Rapat koordinasi TIK yang sekaligus dengan Louncing BID Kab. SBB tahun 2019 ini, merupakan momen penting untuk memberikan penjelasan serta membangun kesepahaman bersama terkait pokok kebijakan PIK dan juga sebagai upaya peningkatan koordinasi pembinaan dan pengendalian pelaksanaan seluruh tahapan program-program dalam lingkup Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD).”

Menutup sambutannya beliau menyampaikan, “Harapan kami melalui Rapat PID dan Louncing BID tahun ini, maka pengendalian, pembinaan, pengawasan, dan fasilitasi program di tingkat kabupaten dapat segera dilaksanakan, baik untuk agenda-agenda Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa dalam persiapan dan pelaksanaan BID serta pengawalan komitmen replikasi inovasi pada perencanaan pembangunan desa di tahun 2020”

Acara pembukaan kemudian ditutup dengan doa yang di pimpin oleh perwakilan dari Kementerian Agama Kab. SBB.

LEAVE A REPLY