Piru-Pembangungan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) Seram Bagian Barat (SBB) dipastikan akan segera terealisasi. Kamis (5/9/2019) Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H. kembali meninjau lokasi persiapan pembangunan tepatnya di Halamusi petuanan Desa Piru Kecamatan Seram Barat.

Kedatangan Pangdam XVI/Pattimura disambut langsung oleh Bupati Seram Bagian Barat Drs. M. Yasin Payapo, M.Pd bersama beberapa Pimpinan OPD, Danramil dan Jajaran Kodim Persiapan, Camat Seram Barat R. Salenussa, Pejabat Kepala Desa Piru R. Manupassa, tokoh masyarakat Desa Piru dan disaksikan masyarakat sekitar.

Bupati SBB dan Pangdam Pattimura saat berfoto bersama dengan masyarakat

Peninjauan ini merupakan kali yang kedua, setelah sebelumnya kunjungan pertama dilakukan pada lokasi berbeda yang tidak jauh dari lokasi baru tersebut.

Dalam tinjauannya Pangdam XVI/Pattimura mengatakan terkait dengan pengembangan gelar kekuatan jangka panjang, pihak Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura akan menambah satu Kodim lagi, salah satunya di Kabupaten SBB.

“Kodim kita masih sedikit, di Maluku baru lima rencananya akan kita tambah menjadi enam dan salah satu diantaranya adalah di Kabupaten SBB. Kunjungan pertama saya bersama Pak Bupati waktu itu kita masih melihat beberapa spot pilihan, kemudian hari ini saya berkesempatan hadir dan ternyata lokasi ini pilihannya”, ujar Pangdam.

Terkait rencana pembangunannya, Pangdam menegaskan bahwa tahun depan sudah akan dilaksanakan pembangunan secara bertahap. Tahap awalnya akan dibangun perumahan setelah itu akan dilanjutkan dengan kantor dan fasilitas lainnya. Lanjutnya, di beberapa tempat Kepala Daerah sudah menganggarkan di APBD.

Beliau mencontohkan di daerah Halmahera Tengah, Pemerintah Daerah (Pemda) memberikan tanah untuk pembangunan Makodim dan sebagai balasannya pihak Kodam merekrut putra daerah setempat untuk diterima sebagai anggota TNI.

Pangdam Pattimura saat berdialog dengan Bupati SBB

Hal serupa juga didukung oleh Bupati SBB Drs. M. Yasin Payapo, M.Pd, Pemerintah Kabupaten SBB bertanggungg jawab penuh untuk adanya pembangunan Makodim di Kabupaten SBB. Beliau memastikan bahwa status tanah yang dihibahkan Pemerintah Desa Piru ini sudah tidak bermasalah dan siap dibangun.

“Sudah ok, tanah ini digusur dan diratakan dengan anggaran APBD. Itu sudah cukup memberikan isyarat”, tandas Bupati.

Pemerintah Kabupaten SBB juga akan membantu dalam pembangunan fasilitas kantor Makodim baru ini. Hal tersebut sudah dipastikan kepada Pangdam XVI/Pattimura.
“Pembangunan kantor sudah saya iyakan. Kalau di daerah lain bisa, kita juga harus bisa. Oleh sebab itu, Pemda punya tanggung jawab penuh untuk memfasilitasi adanya kantor Kodim dan akan dimasukkan dalam APBD tahun 2020”, Ujar Bupati.

Beliau juga berharap kehadiran Kodim dapat membantu dalam bekerjasama dengan pihak Kepolisian sehingga kondisi daerah ini aman.

LEAVE A REPLY