Ruang Isolasi ODP Desa Tihulale

Tihulale: Menindaklanjuti pertemuan bersama Bupati Seram Bagian Barat Drs. M Yasin Payapo, M.Pd bersama seluruh kades/Pjs Kades se Kabupaten Seram Bagian Barat terkait dengan penanggulangan virus corona (Covid 19) di tingkat desa. Maka Pemerintah Desa Tihulale, Kecamatan Amalatu dengan cepat melaksanakan intruksi dan arahan Bupati Seram Bagian Barat.

Menurut Penjabat Kepala Desa Tihulale Demianus Salawaney ketika di temui di ruang kerjanya mengatakan tindakan Pemerintah Desa Tihulale dalam penanggulangan virus corona sesuai dengan arahan Bupati Seram Bagian Barat bagi setiap desa agar segera melakukan tindakan tanggap kepada bahaya covid 19. Untuk itu disarankan agar setiap desa harus memiliki ruang isolasi dan memperketatjalur-jalur masuk ke dalam Desa, baik itu jalur darat maupun jalur laut. Desa Tihulale sendiri untuk jalur laut lebih dekat dengan Pulau Saparua, Pulau Haruku dan Pulau Ambon.

“Desa Tihulale telah membentuk tim relawan yang berjumlah 51 tenaga yang bertugas di tiga pos yaitu post jalan masuk darat arah timur dan arah barat untuk memantau setiap masyarakat yang melakukan perjalanan antar desa dan 1 pos untuk arus laut bagi masyarakat dari daerah pulau Saparua, pulau Haruku dan pulau Ambon” Kata Salawaney.

Lanjutnya, tim relawan yang diangkat yang dibentuk oleh Pemerintah Desa Tihulale direnggut dari tenaga kesehatan, pegawai puskesmas maupun tenaga honor, kader posyandu, Anggota PKK dan mahasiswa kesehatan yang sementara berada di Desa Tihulale. Selain itu ada juga dari BPD dan staf desa, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan ditambah babimkamtimnas, babinsa dan linmas.

“Kami juga telah menyiapkan tempat isolasi atau ruang karantina bagi Orang Dalam Perjalanan (ODP) yang difasilitasi 10 tempat tidur, 1 buah televisi dan VCD, serta 1 paket sofa.” Jelasnya.

Sebagai penjabat kepala desa saya berharap agar masyarakat Desa Tihulale pada khususnya dan Warga Seram Bagian Barat pada umumnya dapat terhindar dari virus corona. Untuk itu kepada masyarakat Tihulale dirinya menghimbau agar dapat memperlakukan pola hidup bersih dan sehat.

Terkait dengan penanggulangan virus corona yang dilakukan oleh Pemerintah dan warga Tihulale mendapat respon positif dari salah satu anggota DPRD Kabupaten SBB dari fraksi Partai Hanura Rully Said Sosal,SE dalam akun facebooknya yang diposting pada tanggal 17 Juni 2020, pukul 08,13 yang memposting beberapa gambar ruang isolasi ODP Desa Tihulale dengan tulisan;

“Kalo samua desa di SBB su bagara majo par baku tongka pele deng user akang itu Komunis Corona, In Syaa Allah, status zona hijau untuk Bumi Saka Mese Nusa akan kembali kekal…

#Ruang karantina khusus Bagi ODP (Orang Dari Perjalanan) di Negeri Tihulale.
#Mari baku tongka
#Bagara capat sudah.

Postingan Rully Said Sosal mendapat komentar positif dari sebagiab warga net.

LEAVE A REPLY