Piru-Warga Dusun Katapang Seram Bagian Barat, mempunyai tradisi unik dalam merayakan Lebaran Idul Adha 1439 H, setelah di pagi hari warga melaksanakan sholat Ied,  sore hari jelang penyembelihan hewan kurban, warga melakukan pawai hewan kurban keliling kampung warga setempat biasa disebut hadrat antar kambing.

Dalam tradisi ini, ratusan orang mulai dari orang tua dan muda hingga anak-anak, ibu-ibu majelis ta’lim beserta panitia kurban melalukan pawai hewan kurban keliling kampung sambil bersalawat mengikuti suara rebana yang dimainkan.

Bukan saja hewan kurban yang di arak, ada juga carnaval turut memeriahkan tradisi tersebut, anak-anak meramaikan tradisi ini dengan membawa umbul-umbul warna-warni serta kostum unik mulai dari baju daerah, hingga kostum Polisi dan TNI.

Selain itu ditampilkan seni hadrat yang merupakan akulturasi dari budaya arab. Hadrat sendiri merupakan kolaborasi antara gerakan tubuh, tabunan rebana serta alunan shalawat Nabi Muhammad SAW.

Meski perjalanan terbilang jauh, rombongan tak pernah lelah untuk bersalawat diiringi suara rebana sambal diikuti majelis ta’lim, remaja dan anak-anak masjid yang tetap bersemangat untuk menari.

Setelah hewan kurban di arak keliling kampung, kemudian diserahkan kepada panitia Mesjid setempat yang selanjutnya disembelih dan dibagikan kepada seluruh warga.

Sementara itu ketua panitia Idul Adha, Naslim Nur Ali dalam kesempatan yang sama mengatakan, mengarak hewan keliling kampung atau antar kambing di dusun katapang sudah dilakukan sejak ratusan tahun yang lalu. Tradisi itu merupakan warisan nenek moyang dusun katapang.

Antar kambing bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi dan mempererat ukhuwah islamiah antara warga dusun katapang. Terlihat banyak warga dari perantauan berbondong-bondong pulang kampung demi hanya memeriahkan tradisi antar kambing.

Senada dengan itu Sekretaris dusun katapang Drs. Bin Tahir Ahmad berharap agar tradisi budaya antar kambing harus terus dilestarikan dan dijaga dari tahun ke tahun sehingga keberagaman budaya khususnya di katapang dapat terus ditingkatkan.

LEAVE A REPLY