PIRU- Anggota DPRD Provinsi Maluku, Turaya Samal, mengajak mahasiswa STIKES Maluku Husada, Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), untuk memperkuat budaya literasi dalam membaca dan menulis.

Ajakan Turaya Samal ini disampaikan dalam orasi ilmiahnya pada kegiatan pelatihan “Jurnalis Gugus Pulau” yang diselenggarakan oleh Guru Backpaker Indonesia dengan Forum Lingkar Pena (FLP) Maluku di auditorium Kampus STIKES Maluku Husada, Kairatu, Sabtu (2/6/2018).

Sebagai Ketua Dewan Pembina LSM Guru Backpaker Indonesia, Turaya Samal juga mengajak semua elemen untuk bekerja secara bersama-sama dalam memperkuat budaya literasi ditengah perkembangan zaman saat ini.

Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa program pelatihan yang diadakan Guru Backpaker Indonesia dengan Forum Lingkar Pena (FLP) Maluku bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di SBB. Program tersebut, akan mendorong terciptanya kerjasama berbagai pihak dalam menguatkan budaya literasi dan kapasitas SDM pemuda dan mahasiswa sebagai garda terdepan Bangsa.

“Tentu ini menjadi kekhawatiran bersama, sebab ditengah perkembangan teknologi dan arus informasi yang kian pesat, budaya literasi perlu kita tanamkan sebagai penangkal dari berbagai macam informasi hoax dan radikal,” terangnya.

Literasi harus dijadikan sebagai budaya, sehingga dapat menjadi kebiasaan untuk berfikir, membaca dan bahkan menulis.“Semoga kedepan, akan ada karya nyata yang dapat kita persembahkan untuk Daerah ini,” tambahnya.

Senada dengan itu, Direktur STIKES Maluku Husada, Lukman Labashy dalam sambutannya saat membuka kegiatan pelatihan tersebut, mengajak seluruh mahasiswa untuk mengikuti kegiatan dalam rangka menyiapkan potensi SDM mahasiswa yang mumpuni.

“Mewakili Civitas Akademik STIKES Maluku Husada, kami mengapresiasi kegiatan ini. Semoga kedepannya kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan,” harap Labashy.

Kordinator Kegiatan, Asrul Kaisuku menjelaskan, kegiatan pelatihan tersebut terselenggara atas kerjasama Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Guru Backpaker Indonesia, Forum Lingkar Pena (FLP) Maluku dengan BEM STIKES Maluku Husada.

Pelatihan yang dilaksanakan saat ini tujuannya untuk meningkatakan kapasitas membaca dan menulis bagi pemuda dan mahasiswa.

“Kegiatan ini kami selenggarakan selama empat hari. Selain pelatihan Jurnalis Gugus Pulau, kami juga menyelenggarakan Pelatihan Home Industri bagi Masyarakat yang berada di Kabupaten SBB,” tandasnya.

(Sumber :pamanawanews)

LEAVE A REPLY