27.9 C
Maluku, ID
23 April, 2018

Visi

Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat Yang Sejahtera, Berbudi Pekerti Luhur dan Berbudaya Berbasis Potensi Ekonomi Lokal”.

Misi

Misi 1:     Meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih, akuntabel, inovatif dan berwibawa.

Misi ini mengandung makna bahwa perhatian Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat untuk lebih meningkatkan profesionalisme pemerintah daerah dalam tugasnya melayani masyarakat dan mengembangkan potensi kemampuan aparatur pemerintah daerah Seram Bagian Barat sehingga dapat berperan untuk meningkatkan pelayanan yang efektif dan efisien. Selain itu, juga mendukung dan mendorong pengembangan inovasi aparatur pemerintah daerah, pemberian award (penghargaan) bagi aparatur pemerintah daerah yang berkualitas dan inovatif, mendorong penggunaan teknologi informatika dalam menciptakan transparansi tata kelola pemerintahan yang lebih transparan dan terukur. Hal penting yang juga menjadi prioritas adalah pembentukan pusat informasi pelayanan publik dan sumber data yang dapat mengakses informasi terkini untuk penerapan e-government.

Misi 2:     Meningkatkan toleransi umat beragama (inter, antar dan umat beragama dengan pemerintah).

               Misi ini mengandung makna bahwa menumbuhkembangkan toleransi kehidupan beragama di masyarakat, meningkatkan produksi dan apreasiasi di bidang religius, seni dan budaya tradisional sebagai perakat hidup orang basudara. Proses demikian diikuti dengan pembentukan dan pengembangan komunitas kerjasama antar umat beragama dan komunitas religus untuk menghindari suasana anti diskriminasi. Disamping itu, juga perlu meningkatkan ketahanan nilai-nilai budaya dan pelestarian sejarah, aset kesenian dan budaya lokal serta mengoptimalkan dan memanfaatkan kearifan lokal dalam rangka membangun relasi sosial sebagai orang basudara.

Misi 3:     Mengembangkan bidang pendidikan yang berkualitas

               Misi ini mengandung makna bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat dibutuhkan penyediaan jaminan dan pelayanan pendidikan dasar gratis selama 12 tahun, memberikan bea siswa bagi siswa berprestasi. Perhatian pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat juga tertuju pada penyediaan pusat pengembangan kegiatan belajar masyarakat, peningkatan kesejahteraan dan profesional tenaga pendidik serta pelatihan dan pendampingan bagi petani dan nelayan.

Misi 4:     Mengembangkan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas.

               Misi ini mengandung makna bahwa untuk meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat perlu diupayakan dengan pemenuhan jaminan kesehatan bagi masyarakat, mengembangkan dan menerapkan inovasu program kesehatan khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Wujud tanggung jawab tersebut dilakukan dengan peningkatan kualitas dan jumlah tenaga medis yang profesional, peningkatan pelayanan kesehatan, pengelolaan dan pengolahan persampahan serta peningkatan sistem sanitasi lingkungan. Hal mendasar yang juga diperhatikan adalah meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak, penurunan angka gizi buruk dan angka kesakitan, peningkatan penanggulan untuk zoonosis serta pengawasan terhadap penyebaran makan, minuman dan obat-obatan.

Misi 5 :    Meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

               Misi ini mengandung makna bahwa kebijakan daerah untuk memberdayakan ekonomi masyarakat dilakukan dengan meningkatkan dan mengembangkan usaha mikro dan koperasi sebagai basis perekonomian rakyat (lokal), membuka dan mengembangkan akses pemasaran produk usaha mikro dan koperasi. Pengolahan potensi sumber daya alam local yang diprioritaskan pada peningkatan produksi pertanian, perikanan, peningkatan sistem produksi, pengolahan dan pemasaran hasil pertaniandan perikanan. Selain itu juga terus diupayakan peningkatan produktivitas perikanan tangkap dan budi daya dan peningkatan penyediaan bibit dan sarana produksi bagi petani dan nelayan.

Misi 6 :    Memperkuat pembangunan infrastruktur.

               Misi ini mengandung makna bahwa percepatan pembangunan Kabupaten Seram Bagian Barat perlu didukung dengan peningkatan dan pembangunan jaringan jalan dan bangunan pelengkapnya untuk membuka daerah terisolir masyarakat di daerah pengunungan mau pun daerah-daera terpencil lainnya. Koneksitas jaringan transportasi merupakan langkah strategis untuk menghubungkan wilayah perdesaan dengan wilayah kecamatan dan ibukota kabupaten, meningkatkan invovasi ketersediaan dan pemenuhan air minum/baku serta meningkatkan sistem ketangguhan penanggulangan bencana.

Misi 7 :    Mengembangkan pembangunan kepariwisataan.

               Misi ini mengandung makna bahwa dengan memiliki keunggulan potensi sumber daya alam yang menawan dan menarik akan dikembangkan sebagai potensi pariwisata. Menjadikan Seram Bagian Barat sebagai destinasi pariwisata akan membuka ruang untuk membuka keterisoliran wilayah, meningkatkan akses infrastruktur yang berkualitas sehingga dapat menjadi pasar yang baik pada tingkat lokal, regional mau pun nasional. Penataan dan pengembangan pariwisata juga memerlukan tata kelola yang baik dengan melibatkan masyarakat, kelompok penggiat pariwisata serta dukungan investasi sektor swasta.

Misi 8 :    Memberikan kemudahan berinvestasi di Kabupaten Seram Bagian Barat.

          Misi ini mengandung makna bahwa keberhasilan penciptaan invetasi di Seram Bagian Barat sangat ditentukan dengan terciptanya sistem insentif bagi pelaku usaha berupa pemberian kemudahan dalam proses perijinan. Menciptakan iklim usaha yang pro rakyat serta ketersediaan sarana dan prasarana pendukung dan pemerataan investasi untuk pengembangan daerah perdesaan demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Berita Terkini

BAWASLU PROVINSI MALUKU GELAR BIMTEK PENGUATAN KAPASITAS BAGI PANWASCAM SBB

Piru. Badan  Pengawas  Pemilu Provinsi Maluku menggelar  Bimbingan Teknik Penguatan Kapasitas  Penanganan Pelanggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku bagi Pengawas Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten...

DINAS TENAGA KERJA PROVINSI MALUKU KERJA GELAR SOSIALISASI TENTANG KETENAGAKERJAAN DI...

PIRU: Dinas Tenaga Kerja Provinsi Maluku menggelar sosialisasi peraturan pelaksanaan tentang ketenagakerjaan Tahun 2018 bagi para karyawan swasta di Kabupaten Seram Bagian Barat. Kegiatan...

Prakiraan Cuaca

Maluku, ID
clear sky
27.9 ° C
27.9 °
27.9 °
100%
1.2kmh
8%
Wed
31 °
Thu
31 °
Fri
31 °
Sat
29 °
Sun
29 °

Social Networking

458FansLike
0FollowersFollow
11FollowersFollow

Kurs

IDR - Indonesian Rupiah
USD
13,927.2077
EUR
17,143.0000
JPY
129.4691
SGD
10,600.4205
MYR
3,577.1221

Berita Utama

WAKIL BUPATI SBB BUKA DENGAN RESMI UJIAN SERTIFIKASI PENGADAAN BARANG/JASA

PIRU- Wakil Bupati Seram Bagian Barat, Timotius Akerina, SE, M.Si membuka dengan resmi  ujian Sertifikasi Keahlian Tingkat Dasar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di  Lingkup Kabupaten...