Piru-Wakil Bupati Seram Bagian Barat Timutius Akerina,SE,M.Si berkesempatan melantik Tim Penggerak PKK Kabupaten SBB  Periode 2017-2022 di Aula lantai tiga kantor Bupati SBB.

Menurut Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan Ekonomi Keluarga dimana PKK adalah suatu gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah melalui perantara kaum wanita dan para ibu sebagai motivator penggeraknya. Tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin.

Katanya pula, Keluarga harus diupayakan menjadi sejahtera karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti dalam proses pembangunan keluarga yang sejahtera dan harmonis, tentu akan berimplikasi pada terwujudnya keberlangsungan hidup masyarakat dan Indonesia yang sejahtera.

Selain itu, menjadi tantangan dalam membudayakan PKK sesuai dengan eksistensinya adalah 10 program pokok PKK yakni penghayatan dan pengalaman pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, mengemban kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan yang sehat merupakan kekuatan yang strategis.

“PKK memiliki 10 Program Pokok yang dapat menjadi pilar yang kokoh dalam mendorong upaya-upaya pemerintah daerah untuk proses penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan masyarakat, olehnya PKK tidak hanya berfokus pada kesejahteraan semata, namun PKK juga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dengan KB, melalui program pengembangan berkoperasi, PKK dapat menanamkan dasar demokrasi ekonomi. PKK juga mengenalkan strategi untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan taraf hidup melalui pembinaan UPPKS.” Ucap Wakil Bupati.

Selain itu, ada juga Visi gerakan PKK yang menghadirkan tugas penting dalam mewujudkan keluarga sejahtera untuk menuju masyarakat yang maju, mandiri, demokratif partisipatif, dan sadar hukum.

Dimana visi tersebut, menerapkan setiap keluarga perlu meningkatkan perannya untuk ikut mewujudkan masyarakat adil dan makmur, sejahtera, lahir dan batin. Salah satu upaya untuk mewujdukan visi gerakan PKK adalah dengan fasilitasi non- intruktif, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan keluarga guna menghasilkan kemandirian keluarga itu sendiri.

Wakil Bupati Berharap kepada Ketua Tim Penggerak PKK yang baru, untuk dapat melanjutkan tugas mewujudkan visi-misi gerakan PKK, melaksanakan 10 program pokok PKK dan selalu fokus pada program-program PKK yang telah ditetapkan sebagai upaya memajukan organisasi yang dinaungi.  Harap Wakil Bupati.

LEAVE A REPLY