Piru: Asisten I Setda Kabupaten Seram Bagian Barat Ir. Z. P. Selanno mewakili Bupati Seram Bagian Barat menghadiri acara puncak hari kesatuan gerakan PKK yang ke 47 Kabupaten Seram Bagian Barat di gedung hatutelu, kota Piru.

Kegiatan yang bertemakan  tingkatkan kinerja gerakan selaras dengan program Pemerintah turut dihadiri oleh para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab SBB, Ketua TP-PKK Kabupaten SBB, Ketua Klasis Seram Barat dan para pengurus TP PKK se Kecamatan Seram Bagian Barat.

Dalam sambutannya Asisten I mengatakan,  Gerakan PKK merupakan gerakan nasional yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK secara berjenjang mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan dusun, RT hingga kelompok dasa wisma dimana wajib pengelolaan administrasinya dilakukan secara benar dan teratur, karena dengan tertibnya administrasi, efektifitas kepemimpinan dan manajemen organisasi dapat meningkatkan kinerja dalam mencapai tujuan sesuai dengan rencana yang ditentukan.

“Gerakan PKK diatur secara terstruktur sesuai dengan fungsi dan perannya untuk menggerakan semua aktifitas mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat desa dengan menjalin kerjasama dengan semua lintas organisasi perangkat daerah (OPD) dengan adanya Perpres 99 tahun 2017 tanggal 1 November 2017 tentang pemberdayaan masyarakat setiap tim Penggerakan PKK dituntut harus professional, meningkatkan kinerja dimulai dengan perbaikan kapasitas sumber daya manusia dan masyarakat serta kesiapan dalam mengelola administrasi” Ucap Asisten I.

Katanya pula,  PKK memiliki 2 makna penting yang harus dipahami oleh semua anggota PKK diantaranya PKK sebagai sebuah lembaga kemasyarakatan yang lazim disebut tim Penggerak PKK. Kepengurusan PKK ini berjenjang dari pusat sampai ke desa/kelurahan. PKK sebagai sebuah gerakan yang dipimpin langsung oleh ketua umum tim Penggerak PKK pada tingkat pusat yaitu ibu menteri dalam negeri, pada tingkatan provinsi dipimpin oleh ibu gubernur, pada tingkat kabupaten/kota dipimpin oleh ibu bupati atau ibu walikota dan pada tingkat kecamatan dipimpin oleh ibu camat. Dimana hal ini harus dipahami setiap kader sehingga perspektif pergerakkannya semakin efektif, actual, dan kontekstual bukan sekedar menyelenggarakan rutinitas kegiatan tanpa reaksi dan inovasi sebagai lembaga kemasyarakatan, tidaks emua gerakan PKK dibiayai dan tergantung dari pemerintah. Sebab keberhasilan PKK ditentukan pada efektifitas kepemimpinan tim penggerak PKK disetiap lini, sehingga perlu adanya koordinasi dan kerja keras bagaimana dapat menggerakan semyua komponen untuk mendapatkan dana.

Dirinya berharap, tema hari kesatuan gerakan PKK (HKG) PKK ke 47 adalah tingkatkan kinerja gerakan PKK selaras dengan program pemerintah, untuk itu tim penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah mampu menjalankan kewajiban dan mendukung garis kebijakan program pemerintah. Hal ini menunjukan bahwa tim penggerak PKK senantiasa tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika perkembangan pembangunan di Indonesia. Selain itu keluarga juga diharapkan dapat menjadi benteng utama dan pertama bagi ketahanan keluarga dalam arti luas khususnya dalam hal memilah informasi yang baik dan benar dengan informasi yang tidak benar atau hoax. Harapnya.

LEAVE A REPLY