Piru-Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat menyambut baik dengan gembira dan sukacita kegiatan pagelaran budaya tahun 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Seram Bagian Barat oleh Balai Pelestarian Budaya Ambon. Hal ini dikatakan oleh Bupati Seram Bagian Barat Drs. M Yasin Payapo, M.Pd dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seram Bagian Barat Dra. Hanifa Hehanusa.

“Saya percaya bahwa kegiatan ini dapat memberikan output juga outcome dalam menumbuh kembangkan semangat dan motivasi dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai seni dan budaya untuk lebih hidup, tumbuh dan berkembang dalam kehidupan manusia bermartabat dan berbudaya. Kegiatan ini harus dan perlu dilaksanakan agar nilai-nilai budaya positif yang diwariskan para leluhur tidak luntur bahkan kehilangan jati diri karena pengaruh budaya asing dan modernisasi. Namun kita juga tidak perlu untuk menutup diri pada pergaulan global dengan memback-up diri terhadap pengaruh serta potensi pengikisan budaya local yang bisa saja kita ciptakan sendiri” kata Bupati.

Katanya pula, pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat dalam melaksanakan pembangunannya, tentu sangat mengharapkan dukungan serta peran bersama dalam membangun Kabupaten kita bersama menjadi lebih baik kedepan. Kami berusaha mencari dan menciptakan solusi-solusi terbaik terhadap pembangunan daerah serta pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Dengan kebersamaan, kesabaran dan ketabahan kita semua berbagai program pembangunan yang dijalankan untuk mewujudkan masyarakat Seram Bagian Barat yang sejahtera serta pembinaan dan peningkatan spiritualitas umat yang menjamin tatanan masyarakat yang berketuhanan yang maha esa serta meningkatkan toleransi dan kualitas pelayanan kehidupan beragama untuk membentuk watak, akhlak dan tingkah laku yang baik sesuai dengan visi misi pemerintah daerah dapat berjalan dengan baik, walaupun kami menyadari bahwa masih banyak yang belum kami laksanakan.

“Beta terus berkeyakinan dan berusaha dengan sekuat tenaga par biking bae negeri ini, ale dong samua harus baku bantu, bekerjasama dan bekerja bersama-sama biking manis bumi saka mese nusa yang katong punya ini. Sehingga Allah pasti memberikan katong samua. Untuk itu, saya menghimbau kepada kita semua bahwa harus lebih mencintai budaya kita bersama, harus menjaga dan melestarikan dengan segenap kekuatan kita, membangun serta mengembangkannya lebih baik lagi kedepan.” Himbau Bupati.

Setelah membacakan sambutan bupati, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan SBB membuka dengan resmi pagelaran budaya Balai Pelestarian Nilai Budaya Ambon yang ditandai dengan pemukulan tifa bersama Kepala BPNB Ambon secara bersamaan.

LEAVE A REPLY