Piru: Bupati Seram Bagian Barat Moh Yasin Payapo menghimbau masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, agar selalu waspada.
Hal ini dikatakan Bupati SBB saat memimpin apel kesiagaan bencana alam di lapangan upacara Polres Seram Bagian Barat, Selasa (17/11/2020).
Apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dalam mengantisipasi penanggulangan bencana di Kabupaten Seram Bagian Barat.
Bupati Yasin katakan, Seram Bagian Barat saat ini sedang memasuki tingginya curah hujan, oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus ditingkatkan yaitu kesiapan mental, serta meningkatkan sinergitas semua pihak yang terlibat dalam penanggulangan bencana.
Dia memberikan apresiasi dan dukungan kepada Polres Seram Bagian Barat yang membuat kegiatan apel, dalam rangka melakukan konsolidasi penanganan bencana yang mungkin dapat terjadi di wilayah kita.
“Tentu kegiatan ini sangat strategis dan tepat, sebab melalui kegiatan ini kita dapat meningkatkan kesiapsiagaan petugas dan juga masyarakat di wilayah Daerah kita,” tuturnya.
Dijelaskan, dilihat dari pemberitaan nasional banyak sekali terjadi bencana alam yang telah menyita perhatian publik akibat dampak perubahan cuaca yang menimbulkan berbagai permasalahan di tengah masyarakat, serta menuntut semua pihak diharuskan menghadapi potensi rawan bencana alam.
Informasi data yang dihimpun oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bahwa beberapa negara di belahan dunia termasuk Indonesia, akan merasakan dampak fenomena La Nina yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi pada awal November sampai dengan Tahun 2021 mendatang.
Fenomena La Nina ini, tambah Bupati, nantinya dapat menimbulkan bencana banjir bandang, tanah longsor, angin puting beliung, gelombang tinggi, cuaca ekstrim dan lain sebagainya.
“Ini menuntut semua masyarakat, harus dapat meningkatkan kesiapan dalam menghadapi fenomena tersebut,” ucapnya.
Untuk itu Pemerintah Daerah, TNI dan Polri serta seluruh stakeholder bersinergi demi meningkatkan kesiapsiagaan serta merumuskan langkah proaktif terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi bencana serta dampak yang ditimbulkan dari bencana tersebut.

LEAVE A REPLY