Tihulale : Kendati menolak adanya pergantian Pejabat Kepala Desa lama  yakni Demianus Salawaney dengan Kepala Desa yang baru Marthin Tuarissa oleh Bupati Seram Bagian Barat Mohhamad Yasin Payapo, warga desa Tihulale, Kecamatan Amalatu, Kabupaten SBB pun melakukan aksi pemalangan terhadap Kantor Desa Tihulale dan Jalan trans seram tepatnya di Jembatan Waihira, pada  Senin, (14/09).

Pemalangan kantor Desa beserta gedung serbaguna oleh warga yang dilakukan sekitar Pukul 11.00 WIT tersebut, dengan menggunakan Kayu pada  pintu depan dan belakang, sementara untuk jalan trans seram, dipalang menggunakan dahan pohon sagu.

Dalam tuntutannya, warga meminta agar Bupati turun ke TKP dan merealisasikan janji pemda yang katanya tidak akan mengganti pejabat lama, dengan membatalkan SK pejabat baru atas nama Marthin Tuarissa dan memperpanjang SK pejabat lama atas nama Demianus Salawaney, kendati kinerja Salawaney dinilai sangat memuaskan masyarakat. Namun Jika tuntutan tidak dipenuhi, aksi pemblokiran akan tetap dilakukan.

Warga pun mempertanyakan layaknya Marthin Tuarissa menjadi pejabat kepala desa baru, kendati kebiasaannya dinilai warga tidak layak menjadi pemimpin, karena sering menghimpun anak-anak untuk berjudi dan mengkomsumsi minuman keras (miras).

Sementara itu Kapolsek Kairatu Timur, Iptu Idrus Mukadar S.Hi dan Danpos BKO 732 Banau Leda Inf Amin Tomia, Desa Tomalehu turun ke TKP, beserta personil Polsek Kairatu Timur dan Personil BKO 732 Banau, berupaya melakukan koordinasi dengan masyarakat Desa Tihulale tersebut. Kendati akibat pemalangan jalan Trans Seram, akses lalulintas pun lumpuh total. Kapolsek pun berupaya memberikan himbauan bagi masyarakat.

Tepat pukul 13.50 WIT jalan trans seram arah Masohi/Kairatu di buka oleh anggota Polsek Kairatu dan anggota BKO 732/Banau, dengan negosiasi bertemu Bupati.

Dalam pertemuan yang di pimpin Korlap Leonora Salawane, Bupati pun meminta masyarakat agar memberikan kesempatan bagi Pejabat baru dalam menunjukan kinerjanya. Jika terbukti melakukan hal-hal yang meresahkan warga, Payapo pun berjanji akan melakukan pergantian pejabat desa.

LEAVE A REPLY