Piru: untuk mengantisipasi virus Corona secara global di Kabupaten Seram Bagian Barat, maka Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat terus melakukan siaga dengan melakukan langkah-langkah penangulangan virus corona dengan dibentuknya Tim Terpadu Penanggulangan Virus Covid 19 yang dipimpin langsung oleh Bupati Seram Bagian Barat Drs. M Yasin Payapo, M.Pd diaula pertemuan lantai tiga, Kantor Bupati.

Turut hadir pada pembentukan Tim tersebut, Ketua DPRD Kabupaten SBB, Abdul Rasid Risaholit. S.Pi, Dandim 1502/Masohi, Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho.S.E, M.Si, Kapolres SBB, AKBP. Bayu Tarida Butar Butar S.IK, Sekretaris Daerah SBB, Mansur Tuharea. S.H, Kadis Kesehatan Kab. SBB, dr. Yohanis Tappang. M.Kes, Deriktur RSUD Kab. SBB, dr Johan Selano, S.POg, Pabung 1502/Msh, Mayor Inf D. Mado, Para OPD Kab. SBB, Seluruh Camat Se – Kab. SBB, Dandramil 1502-07/Piru, Kapten Inf Agung Prabowo, Danramil 1502-08/ Kairatu, Kapten Arm Ismail Lestaluhu.

Menurut Bupati Seram Bagian Barat Drs. M Yasin Payapo, M.Pd dalam arahannya mengatakan rapat yang dilakukan saat ini bermaksud untuk menyampaikan terkait pencegahan virus Covid 19 di Wilayah Kabupaten SBB. Sekaligus Pemerintah Kabupaten SBB melakukan Pemeriksaan semua jalur masuk menuju Kabupaten SBB yang melalui transportasi Laut dan Darat, serta larangan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab SBB untuk keluar daerah.

“Rapat yang dilakukan saat ini terkait pencegahan virus covid 19 di Kabupaten SBB, kita juga akan melakukan pemeriksaan semua jalur masuk menuju Kabupaten ini melalui jalur transportasi laut dan darat. Bagi ASN juga di larang untuk melakukan perjalanan dinas keluar daerah,” tegas Bupati SBB.

Selain itu, Kapolres Seram Bagian Barat AKBP. Bayu Tarida Butar Butar.S.Ik dalam penjelasannya menyampaikan bahwa Pihak kepolisan akan mendukung Pemerintah Daerah dalam mencegah Masuknya Virus Covid 19 di Kabupaten SBB, Polres SBB Akan melakukan pelatihan anggota polisi terkait penyemprotan anti Virus Kovid 19. jika ada temuan berita hoaks segera dilaporkan kepada Pihak kepolisian terdekat.

Hal senada juga dikatakan Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho.S.E, M.Si” Pada kesempatannya mengatakan prinsipnya Pihak TNI akan membantu Pemda SBB Mencegah masuknya Virus Covid 19 dengan malaksanakan perintah pimpinan TNI yaitu memutuskan mata rantai penularan virus Covid 19 degan upaya – upaya edukasi atau perubahan Kegiatan yang bersifat mengumpulkan masa. dan bekerja sama dengan Dinas Kominfo dan Dinas kesehatan melakukan sosialisasi – sosialisasi ke sekolah – sekolah atau pemukiman masyarakat yang padat penduduknya  guna melakukan pencegahan.

Terkait dengan persiapan Dinas Kesehatan Kabupaten SBB dan langkah-langkah strategis pencegahan. Maka, Kepala Dinas Kesehatan dr. Yohanis Tappang. M.Kes mengatakan Dinas kesehatan telah menyiapkan 20 Alat pengukur Suhu badan, telah memasang baleho
mengantisipasi virus corona di tempat Perhubungan laut maupun darat  dan akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap semua orang yang masuk ke Kabupaten SBB.

Sementara itu, Direktur RSUD Piru dr Johan Selano, S.POg menjelaskan persiapan Rumah Sakit Piru sebagai rumah sakit rujukan penderita virus corona bahwa RSUD Piru telah menyiapkan dokter,  telah menyiapkan ruang isolasi, telah mendatangkan alat skener temperatur, dan Tim kesehatan telah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) Kabupaten SBB untuk mekanisme tindakan Pencegahan Covid 19.

LEAVE A REPLY