26 C
Maluku
Wednesday, October 5, 2022
spot_img

Dinas Pariwisata SBB Gelar Pelatihan Pengembangan  Kompetensi  SDM Pariwisata dan Ekraf Tingkat Dasar 

Piru-Dinas Pariwisata Kabupaten Seram Bagian Barat mengelar Pelatihan Pengembangan Kompetensi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar Bagi Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif bagi yang berlangsung di aula pertemuan penginapan mitra palace kota piru.yang berlangsung pada Senin, (22/08/2022) .

Dalam kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka oleh Asisten I Setda Kabupaten Seram Bagian Barat Drs. Abdullah Fakaubun yang didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten SBB, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs. Leonardo Kakisina, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten SBB Ir. Thomas Wattimena serta para undangan lainnya.

Drs. Abdullah Fakaubun dalam sambutannya mengatakan Keberhasilan pembangunan kepariwisataan tidak terlepas dari peran serta sumber daya manusia pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif. Sebab sebagus dan semenarik apapun objek wisata, tidak akan ada artinya, tanpa keterlibatan tenaga kepariwisataan dan pelaku ekonomi di lingkungan destinasi wisata tersebut. Maka dari itulah, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat melalui Dinas Pariwisata menggelar kegiatan Pengembangan Kompetensi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar (Pra Assesment Sertifikasi Kompetensi). 

Olehnya itu, masyarakat harus didorong untuk menjadi garda terdepan untuk menyambut wisatawan yang akan datang berkunjung ke destinasi wisata di Kabupaten SBB.

Katanya Pula, Pelatihan ini menjadi awal dan kesempatan kita untuk menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu faktor guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan di Kabupaten Seram Bagian Barat.

“Saya berharap, kegiatan pelatihan ini kiranya menjadi program inspirasi para pelaku ekonomi maupun pelaku wisata terlebih masyarakat agar menghasilkan kreasi bersama dalam mengubah minset untuk lebih kreatif.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Neles Purimahua,S.Sos yang juga merupakan Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Daerah Seram Bagian Barat. Dalam laporannya mengatakan kegiatan pelatihan ini di dasari pada undang-undang dasar nomor 10 tahun 2019 tentang kepariwisataan daerah, dan dokumen pelaksanaan anggaran tahun anggaran 2022 atas kegiatan pengembangan kompetensi SDM pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar

Lanjutnya, kegiatan ini bertujuan sebagai wahana peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata dibidang ekonomi kreatif yang unggul dan berdaya saing guna kemajuan sektor pariwisata daerah Kabupaten Seram Bagian Barat serta dapat terwujudnya Sumber Daya Manusia pariwisata dibidang ekonomi kreatif yang unggul dan berdaya saing sebagai upaya perkuatan dan revitalisasi kapasitas SDM kepariwisataan dan ekonomi kreatif dengan tingkat kinerja yang lebih baik di dunia usaha.

“Adapun narasumber kegiatan ini adalah Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif provinsi Maluku dengan judul materi tantangan SDM pelaku ekonomi kreatif terhadap pariwisata digital, kepala dinas disperindag Kabupaten SBB dengan judul materi peran dinas perindustrian dan perdagangan dalam usaha pengembangan ekonomi kreatif daerah, Kepala Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten SBB dengan judul materi strategi pendanaan pembangunan desa dalam membangun desa wisata, Kepala Dinas pariwisata Kabupaten SBB dengan judul materi pemberdayaan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam pemanfaatan potensi lokal dan Kepala BRI Unit Piru dengan judul materi peran sektor perbankan dalam meningkatkan usaha ekonomi kreatif. (P-02)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,513FollowersFollow
20,100SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles