18.3 C
Maluku
Monday, June 17, 2024
spot_img

Gelar Rembuk Stunting 2022, Pemkab Seram Bagian Barat Bangun Komitmen

Piru – Untuk mempercepat penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Seram Bagian Barat, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Perencanaan Kabupaten Seram Bagian Barat, Dinas Kesehatan, bersama SKPD Terkait menggelar kegiatan Rembuk Stunting). Dimana Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat terus berkomitmen untuk mengurangi prevalensi permasalahan tumbuh kembang anak di wilayahnya, salah satunya dengan mengadakan rembuk terkait penanganan stunting. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Mitra Palace Piru, Rabu 20 April 2022. Rembuk yang dilaksanakan secara offline ini dibuka oleh Asisten 3 Sekretaris Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat Bidang Administrasi Umum, D. J. De Fretes, S.Sos. Selain itu hadir pula sejumlah peserta diantaranya perwakilan dari seluruh kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Barat, sejumlah pimpinan Kecamatan, perwakilan Kepala desa dan perwakilan SKPD terkait, Kememnag, Kab. SBB, bererapa Kepala Puskesmas dan unsur lainnya

Dalam sambutan Bupati Seram Bagian Barat yang dibacakan oleh asisten 3 Seram Bagian Barat ini menyampaikan bahwa stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). kondisi gagal tumbuh pada anak balita disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama serta terjadinya infeksi berulang, dan kedua faktor penyebab ini dipengaruhi oleh pola asuh yang tidak memadai terutama dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). “stunting menjadi masalah serius yang perlu ditangani bersama. penurunan stunting penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari jangka panjang yang merugikan ”. Beliau berharap bahwa melalui Rembuk Stunting ini semua pihak untuk bekerjasama dalam mendukung terwujudnya masyarakat dengan konsumsi gizi seimbang, percepatan perbaikan gizi, pemenuhan sanitasi dasar dengan menyusun rencana kegiatan dan penganggaran sesuai dengan lokus yang disepakati bersama dan akan diperluas secara bertahap. “untuk memperkuat komitmen kita bersama untuk perangi stunting, semua pihak yang terkait dengan intervensi penurunan stunting ini agar senantiasa bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing untuk menjawab permasalahan stunting yang kita hadapai saat ini” imbuh asisten 3 pada saat membacakan sambutan Bupati Seram Bagian Barat.

Perwakilan Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat memaparkan materi rembuk stunting

Rembuk stunting yang merupakan aksi #3 dari pilar ke 3 penanganan stunting adalah suatu langkah penting yang dilaksanakan dengan maksud bahwa Pemerintah Kabupaten secara bersama-sama akan melakukan konfirmasi, sinkronisasi, dan sinergitas hasil analisis situasi dan penyusunan rancangan rencana kegiatan dari perangkat daerah penanggung jawab layanan ditingkat kabupaten dengan kecamatan, puskesmas dan pemerintah desa setelah memperoleh hasil analisis situasi (Aksi #1) dan memiliki rancangan rencana kegiatan (aksi #2) dalam upaya penurunan dan pencegahan stunting terintegrasi di desa lokasi fokus penurunan stunting tahun 2023.  

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
21,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles