23.2 C
Maluku
Saturday, May 25, 2024
spot_img

Pasar Rakyat Kepulauan Manipa Diresmikan Penjabat Bupati SBB

MANIPA – Pasar rakyat Kepulauan Manipa yang berada di Desa Tumalehu Barat, Kecamatan Kepulauan Manipa diresmikan penggunaanya oleh Penjabat Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin, SE., MH., Rabu (15/02/2023).

Turut hadir  Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten SBB Ny. Norma Riana Chandra, Pimpinan Perangkat Daerah Se-Kabupaten SBB, Camat Kepulauan Manipa Ny. Yusnita Tiakoli, Forkopicam Kepulauan Manipa, Seluruh Kepala Desa dan BPD Se-Kepulauan Manipa.

Adapun pasar yang masa pengerjaannya memakan waktu kurang lebih empat bulan ini,  menghabiskan anggaran sebesar 2,7 milyar rupiah dan terdiri dari 70 los atau petak penjualan bagi para pedagang.

Penjabat Bupati yang menyampaikan sambutan sebelum menggunting pita sebagai tanda peresmian, menyampaikan bahwa, “Keberadaan pasar, khususnya pasar tradisional atau pasar rakyat merupakan salah satu indikator paling nyata dari berlangsungnya kegiatan ekonomi kemasyarakataan di suatu wilayah”.

Penjabat kemudian menambahkan, “Dengan masih hidupnya pasar rakyat ini, tentunya dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut, karena masyarakat akan terdorong untuk memasarkan hasil usahanya lewat peningkatkan kualitas barang atau melakukan pengolahan, dengan harapan memperoleh nilai ekonomi yang lebih tinggi”.

Lanjut As’aduddin, Sebagai besar masyarakat memiliki daya beli yang cukup besar dan tetap memilih belanja di pasar tradisional dibandingkan di pasar modern  dengan sejumlah alasan karena barang yang dijual belikan masih segar, berkualitas dan harga yang terjangkau.

Menutup sambutannya beliau kemudian berpesan kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertanggung jawab untuk dapat tetap menjalin koordinasi dengan Camat, Para Kepala Desa dan Dusun agar dapat dimanfaatkan masyarakat dengan optimal sehingga nanti mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, namun juga tidak lupa untuk tetap mematuhi peraturan pengolahan pasar yang telah ditetapkan oleh Pemda. (P-02)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
21,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles