20.3 C
Maluku
Friday, April 19, 2024
spot_img

Pemkab SBB Turut Sukseskan Gerakan Tanam Sukun Se-Provinsi Maluku

WAIMITAL – Sebagai upaya peningkatan kemandirian pangan daerah dalam mengantisipasi krisis pangan global saat ini maka, Gubernur Maluku Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Murad Ismail, S.H., M.H., mencanangkan “Gerakan Tanam Sukun” diseluruh kabupaten kota yang ada di Maluku.

Pencanangan tingkat provinsi yang dikoordinir oleh Dinas Pertanian Provinsi Maluku ini, dipusatkan di Negeri Tengah-Tengah, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah pada selasa (14/02/2023). Sedangkan untuk kabupaten kota dilakukan pula secara serentak di lokasi yang telah disediakan oleh Pemerintah Daerah masing-masing. Untuk Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab.SBB), lokasi pencanangan dipusatkan di Desa Waimital, Kecamatan Kairatu.

Penjabat Bupati Seram Bagian Barat, Brigjen. TNI Andi Chandra As’aduddin, SE., MH., hadir langsung melakukan penananam secara simbolis. Turut mendampingi dan ikut melakukan penanaman, Ibu ketua Tim Penggerak PKK Kab. SBB Ibu Norma Chandra As’aduddin dan Sekretaris Daerah Leverne A. Tuasuun.

Saat melakukan dialog secara daring dengan Gubernur Maluku, Penjabat Bupati melaporkan bahwa jenis Sukun yang ditanam secara simbolis berjumlah sepuluh pohon dari jenis Sukun Kapas bukan dari jenis Sukun batu seperti yang ada di Desa Tengah-tengah.

Dalam harapannya Penjabat Bupati kemudian menyampaikan, “Mudah-mudahan kedepannya proyek pencanangan ini lebih terealisasi karena kami punya target untuk tiap-tiap kecamatan, untuk kantor kecamatannya minimal punya 20 pohon”.

“Mudah-mudahan dengan pencanangan ini produk Sukun bisa menjadi juga primadona disini dan kami juga berencana untuk sukun kapas yang ada di SBB ini akan kami ajukan untuk labelnya, jadi hak paten kab. SBB”, demikian ditambahkan Penjabat Bupati.

Menutup perbincangan dengan Gubernur, Penjabat Bupati kembali menegaskan dukungan dari Pemda dan masyarakat SBB untuk siap mendukung penanaman Sukun dari Bapak Gubernur di wilayah Kab. SBB. (P-02)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
21,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles