19.3 C
Maluku
Monday, May 23, 2022
spot_img

PUSKESMAS KAIRATU PUNYA GEDUNG PERAWATAN DAN AMBULANS BARU

Kairatu – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) milik kecamatan Kairatu kini punya gedung baru dan diresmikan langsung oleh Bupati Seram Bagian Barat, Timotius Akerina SE, M.Si pada selasa (25/01/2022).

Turut hadir dalam acara peresmian ini antara lain, anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab. SBB), PLH Sekda Kab. SBB, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Kepala Dinas Kesehatan beserta Pimpinan OPD lainnya, Camat Kairatu serta kepala Puskesmas Kairatu.

Sebelum masuk pada peresmian Puskesmas, Bupati yang diberi kesempatan untuk menyampaikan sambutannya menuturkan bahwa, “Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan terdepan dan ujung tombak penyelenggaraan pelayanan kesehatan dasar di tingkat masyarakat dan menjadi salah satu sektor penunjang dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Bumi Saka Mese Nusa terlebih khusus di daerah Kairatu. Tantangan pembangunan kesehatan terus meningkat, transisi demografi yang ditunjukkan dengan meningkatkannya proporsi penduduk produktif dengan penduduk lansia dimasa depan serta transisi epidemiologi dengan semakin meningkatnya berbagai penyakit menuntut kesiapan Puskesmas dalam memberikan pelayanan terdepan”.

“Dengan berbagai tantangan tersebut, peran pelayanan kesehatan dasar dan keberadaan Puskesmas sebagai ujung tombak perlu ditingkatkan. Penguatan upaya kesehatan dasar yang berkualitas merupakan salah satu arah kebijakan kesehatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten SBB tahun 2017-2022, seperti yang termuat dalam misi yang ke-empat, yakni mengembangkan kesehatan masyarakat yang berkualitas”, sambung Bupati.

Beliau juga menyampaikan, “Mengingat betapa pentingnya peranan Puskesmas, maka Pemerintah Daerah Kabupaten SBB (Pemda kab. SBB) terus berupaya untuk menyediakan dan meningkatkan jumlah Puskesmas dan melengkapinya dengan sarana dan prasarana yang berkualitas”.

“Dengan diresmikannya penggunaan gedung baru Puskesmas Kairatu ini, diharapkan diikuti dengan makin meningkatnya pelayanan kepada masyarakat serta mampu mewujudkan capaian keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan di kabupaten ini dalam upaya menghasilkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas, guna mendukung tercapainya visi pembangunan kesehatan”.

Menutup sambutannya Bupati Akerina menyampaikan harapannya untuk kepala Puskesmas dan jajarannya agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dengan mengutamakan kepentingan dan keselamatan pasien, dengan tetap menjaga keselamatan dan kesehatan diri dalam bekerja, apalagi dalam suasana pademi covid-19 ini. “Kalian adalah garda terdepan, perlengkapilah semua protokol kesehatan yang dianjurkan dalam bekerja, teruslah berdoa dan semoga Tuhan yang Maha kuasa memberkati semua pelayanan bapak ibu sekalian. Kepada masyarakat Kairatu dan desa-desa tetangga manfaatkanlah Puskesmas ini dengan sebaik-baiknya dan senantiasa menjaga dan merawatnya, agar bisa memberi manfaat bagi masyarakat”.

Usai sambutan, Bupati diberi kesempatan untuk menandatangani prasasti sebagai simbolisasi peresmian gedung baru Puskesmas yang dilanjutkan dengan pengguntingan pita serta penyerahan 1 unit Ambulans dari Pemda SBB kepada Puskesmas Kairatu sebagai bagian dari fasilitas penunjang dalam pelayanan. Rangkaian acara kemudian ditutup dengan penijauan gedung Puskesmas oleh Bupati dan rombongan. (P01)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,323FollowersFollow
19,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles